Sekilas Info Mengenai Kristal Bidadari 2


Istilah Kristal bidadari sebetulnya hanya dikenal di Indonesia karena di negara asal pembuatannya (bohemia) kristal bidadari lebih dikenal dengan nama quarkmanl atau white people. Kemungkinan hal ini disebabkan karena pada waktu diexport ke Indonesia, banyak model seperti gelas dan toples yang mempunyai ciri khas lukisan bergambar bidadari. Kebanyakan barang-barang ini diexport ke Indonesia mulai awal abad XX sampai pertengahan abad XX. Karena peminat dan jumlah pemesanan yang cukup besar pada waktu itu, maka untuk mempercepat proces produksi,  pada umumnya lukisan enamel mempunyai detail gambar yang lebih sederhana dibandingkan generasi pertama kristal bidadari yang dibuat pada akhir abad XIX sampai awal abad XX.




Fig 1
Fig 2













Fig 1-2 Lukisan enamel putih pada gelas bidadari antik warna biru bentoel dan hijau. Lukisan tampak sederhana dengan hanya menonjolkan detail pada bagian wajah. Detail tubuh cenderung kurang halus. Hiasan daun tampak sangat sederhana.

Fig 3
Fig 4











Fig 3-4 Lukisan enamel putih pada vas bidadari antik warna biru dan merah. Detail Lukisan pada generasi pertama kristal bidadari cenderung lebih halus dan indah. Detail wajah dan tubuh sangat halus. Hiasan daun tampak sangat indah.